Mengenal Adobe Dreamweaver

Assalamu’alaikum dan selamat pagi menjelang siang di Kota Pelajar Yogyakarta. Hujan dari tadi pagi semoga tidak menyurutkan semangat teman-teman baik itu sekolah maupun bekerja.. Ganbatte :)
Kesempatan kali ini saya akan gunakan untuk mem-publish tentang salah satu perangkat lunak yang masih berkaitan dengan hasil postingan sebelumnya yaitu tentang Perkenalkan, saya AdobeInDesign.

Apa hubungannya ?

Perlu diketahui bahwa antara Adobe Dreamweaver dan Adobe InDesign memiliki satu keterkaitan dimana keduanya merupakan program yang terdapat dalam paket Adobe Master Collection Creative Suite 6. Jadi, biasanya ketika Anda meng-install paket ini, maka kedua perangkat lunak tersebut akan terinstall juga.


Mengenal Adobe Dreamweaver
Gambar 1. Dreamweaver Logo


Mengenal Adobe Dreamweaver 

Saya kira sebagian dari teman-teman sudah mengenal bahkan akrab dengan perangkat lunak Adobe Dreamweaver. Kalaupun belum, perkenankan saya untuk sedikit memperkenalkannya untuk Anda.. hehehe

“ Adobe Dreamweaver merupakan program penyunting halaman web keluaran Adobe Systems yang  dulu dikenal sebagai Macromedia Dreamweaver keluaran Macromedia. Program ini banyak digunakan oleh pengembang web karena fitur-fiturnya yang menarik dan kemudahan penggunanya.

Versi terakhir Macromedia Dreamweaver sebelum Macromedia dibeli Adobe Systems yaitu versi 8. Versi terakhir Dreamweaver keluaran Adobe Systems adalah versi 12 yang ada dalam Adobe Creative Suite 6 ( sering disingkat Adobe CS6).” Wikipedia

Mengenal Adobe Dreamweaver
Gambar 2. Tampilan Awal Dreamweaver
Dengan menggunakan perangkat lunak ini juga, mendukung beberapa format file seperti,


  • HyperText Markup Language (HTML)
  • Coldfusion
  • PHP
  • Cascading Style Sheet (CSS)
  • Javascript
  • XML
Berikut saya tampilkan sebuah contoh website sederhana yang saya buat beberapa waktu yang lalu menggunakan Adobe Dreamweaver.

Contoh Website dengan Dreamweaver
Gambar 3. Contoh Website dengan Dreamweaver

Pernahkah Anda mendengar istilah What You See Is What You Get ? Ya, istilah ini menggambarkan apa yang Anda lihat pada saat itu, maka itulah yang akan Anda dapatkan.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap tentang fitur-fitur yang dimiliki oleh Adobe Dreamweaver ini, silakan kunjungi di website resminya.

Saya cukupkan dulu untuk postingan kali ini. Terima kasih dan Salam Sukses!

0 Response to "Mengenal Adobe Dreamweaver"

Post a Comment