Mengenal Hardware pada Jaringan Komputer Bag. 2

Pada kesempatan kali ini, saya ingin melanjutkan postingan sebelumnya yaitu Mengenal Hardware pada Jaringan Komputer. Mengapa saya jadikan dua post yang berbeda, karena saya rasa jika digabung akan membuat pembaca merasa tidak nyaman kalau terlalu panjang. Maka untuk itu, saya jadikan dua post yang berbeda.

hardware jaringan komputer
Gambar. Hardware Jaringan


Hub dan Switch

Sebuah konsentrator (Hub atau switch) adalah sebuah perangkat yang menyatukan kabel-kabel network dari tiap workstation, server atau perangkat lain. Dalam topologi bintang,kabel twisted pair datang dari sebuah workstation masuk kedalam hub atau switch.

Hub dan switch mempunyai banyak lubang port RJ-45 yang dapat dipasang konektor RJ-45 dan terhubung ke sejumlah komputer. Beberapa jenis hub dapat
dipasang bertingkat (stackable) hingga 4 susun. Biasanya hub maupun switch memiliki jumlah lubang sebanyak 4 bh, 8 bh, 16 bh, hingga 24 bh.

Repeater

Fungsi utama repeater yaitu untuk memperkuat sinyal dengan cara menerima sinyal dari suatu segmen kabel LAN lalu memancarkan kembali dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli pada segmen kabel yang lain. Dengan cara ini jarak antara kabel dapat diperjauh.

Router

Router akan mencari jalur terbaik untuk mengirimkan sebuah pesan yang berdasarkan atas alamat tujuan dan alamat asal. Router mengetahui alamat masing-masing komputer dilingkungan jaringan lokalnya, mengetahui alamat bridges dan router lainnya. Router juga dapat mengetahui keseluruhan jaringan dengan melihat sisi mana yang paling sibuk dan bisa menarik data dari sisi yang sibuk tersebut sampai sisi tersebut bersih/clean.

0 Response to "Mengenal Hardware pada Jaringan Komputer Bag. 2"

Post a Comment